CARA LULUS UJIAN NASIONAL

Cara belajar yang kreatif, demi kelulusan ujian nasional - Ada banyak sumber yang menyatakan bahwa, kelulusan bisa dicapai jika Belajar dengan giat. Namun apakah hanya belajar giat, bisa menjamin kelulusan?
Jawabannya tentu tidak
Berikut akan saya terangkan bagaimana caranya agar siswa se-indonesia lulus dengan nilai bagus.
ujian nasional yang perlu dipahami dengan latihan dan implementasi khusus
Strategi tepat dan mudah diterapkan jika ingin lulus dengan sumpurna.

Langsung saja dengan triksnya;
1. Disiplin Waktu
    Perlu diperhatikan, dalam hal ini waktu (time) menjadi prioritas kelulusan, karena sebelum belajar, atur waktu dengan jadwal misalnya;
Pkl 07.00 - 13.00 (belajar disekolah)
Pkl 14.00 - 15.00 (mengerjakan tugas/ PR)
Pkl 15.01 - 17.00 (istirahat + bermain dan bantu-bantu lainnya)
Pkl 17.01 - 19.00 (belajar untuk pelajaran besok)
*ini hanya contoh jadwal pelajar
2. Fokus pada saat belajar di kelas
     Ketika belajar di kelas, kosentrasilah dengan pelajaran, karena banyak siswa yang masih bingung belum paham ketika mendapatkan pelajaran (intinya sih gara-gara bermain di kelas). Fokus untuk memahami konsep yang diberikan guru ketika dijelaskan.

3. Kerjakan latihan soal UN (ujian nasional tahun sebelumnya)
   Tujuan tips ini, untuk melatih pola pikir siswa dengan latihan soal yang nyata. Karena pada dasarnya, soal tahun sebelumnya akan mirip (bukan sama) dengan kombinasi dan kreatifitas para penjelajah soal (melakukan revisi) serta akan diterapkan untuk ujian di tahun selanjutnya.
Baca rujukan ini: Konsep pemahaman articles a, an, the
4. Cari bimbingan belajar yang tepat
   Untuk siswa yang ingin memantapkan cara belajarnya dengan metode dan konsep yang jelas, silakan cari Bimbingan belajar tambahan di luar sekolah, seperti HSPG primagama, Kumon, Ghanesa dan banyak lagi. Untuk belajar dengan admin (private khusus Denpasar area), silakan Chat kontak

5. Jangan belajar dengan SKS (sistem kebut semalam)
   Banyak siswa yang menerapkan metode ketika akan menghadapi ujian, sehari sebelum tes siswa akan belajar sebanyak-banyaknya. Ternyata sistem ini salah besar. Otak siswa terbatas dan tidak semua bisa menerima pelajaran seutuhnya, jadi pemahaman yang didapatkan ketika belajar sehari dengan konsep belajar setiap hari akan sangat berbeda.

6. Buatlah konsep atau Peta konsep
   Maksudnya adalah dengan membuat sebuah strategi belajar yang bervariasi, seperti meringkas namun padat. Contoh lainnya dengan membuat Peta konsep, seperti postingan KONSEP ZAT PADAT, CAIR, GAS

7. Percaya Diri ketika menghadapi ujian
   Sewaktu memulai mengerjakan soal, terkadang ada saja siswa yang tegang, dengan cirinya berkeringat dingin. Artinya siswa tersebut tidak siap 100% untuk menjwab soal. Padahal soalnya tidak memakannya. Solusinya simple saja; rileksasi dengan menerapkan 10 triks/ cara dari postingan ini.

8. Pahami pelajaran dengan mengulang atau Review
   Dari dulu dan mungkin saja sampai saat ini, ketika belajar disekolah dan bimbingan belajar sebaiknya lakukan pengulangan belajar dirumah atau sehari sebelum mendapatkan pelajaran disekolah, (baca-baca kembali). Jangan belajar sekali lalu catatan atau konsep di buang ke sampah.

9. Olahraga untuk kecerdasan pikiran dan body
   Penting sekali untuk diterapkan, jika belajar hanya mengolah pikiran, sebaiknya diseimbangkan dengan olahraga seperti; joging, push up, gym dan banyak lagi. Niscaya tubuh dan pikiran akan lebih fresh untuk menghadapi soal ujian nasional 2018

10. Berdoa
     Namanya doa, pada dasarnya kepada Tuhan Hyang Maha Esa. sepertinya doa orang tua, saudara dan teman-teman juga sangat bermanfaat untuk ketengan pikiran siswa.


Tambahan untuk lulus;
> Silakan kerjakan soal ujian dengan memprioritaskan soal yang lebih mudah dan disusul dengan manajemen waktu yang tepat.
CARA TEPAT BELAJAR DENGAN KONSEP DARI MELAJAH.COM
> Analisa soal dengan baik, agar pemahaman siswa menjadi lebih berkembang. 

Demikian hasil pemikiran yang dituangkan oleh blog melajah.com
Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ayo kita cerdaskan bangsa, mulai dari diri sendiri untuk dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel