GURU ADALAH

Apa Pengertian Guru?


Kita sering mengenal kata Guru!
Apa yang ada di benak kita ketika mendengar tentang Guru? 

Baiklah kita akan bahas Pengertian Guru, makna mendalam sampai Cara menghormatinya dalam sebuah postingan di blog melajah.com

Tujuan dari artikel ini adalah, menjelajah dunia pendidikan yang didasari atas ke-ingintahu-an tentang dunia. Kita mulai dari kata Guru sehingga para nitizen yang membaca tulisan ini, diharapkan mampu menghargai jasa para pahlawan cendikiawan dimanapun berada.
pengertian guru oleh melajah.com
Pengertian Guru berdasarkan ahli pakar:
  • Guru merupakan Pahlawan pembangunan
  • Guru adalah motivator bagi anak didik untuk memberikan semangat dalam menghadapi perubahan di masa depan
  • Guru dalam arti spesial " sebagai pembentuk akal dan jiwa anak-anak (Ir. Suakrno)
  • Guru adalah Pendidik profesional yang bertugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dn mengevaluasi peserta didik pada anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah (Undang-Undang no. 14 tahun 2005)
  • Guru adalah orang yang memfasilitasi proses peralihan ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik (Husnul Chotimah 2008)
  • Pendidik adalah orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan pertolongan kepada anak didik dalam perkembangan baik jasmani maupun rohaninya (Dri Atmaka 2004:17)
  • Pendidik adalah pembimbing dalam melaksanakan proses belajar mengajar (Ahmadi 1977:109)
  • Guru adalah orang yang pekerjaannya, mata pencahariannya dan profesinya sebagai mengajar (Kamus besar Bahasa Indonesia 1993:288)
  • Guru adalah setiap orang yang bertugas dan berwenang dalam dunia pendidikan dan pengajaran pada lembaga pendidikan formal (Drs. Moh. Uzer Usman1996:15).

Guru mengarahkan anak didik agar menjadi lebih kreatif. Seperti; anak mau berkorban, memahami konsep belajar serta menjadi pionir bagi masyarakat. Jadi guru itu tidak mudah, karena Seorang guru selain mengarahkan, juga memberitahu, menjelaskan atau mendemontrasikan sehingga guru tersebut menginspirasi masyarakat.
Pepatah lama; Guru sebagai tauladan untuk di gugu dan ditiru

Baca JugaMetode Pembelajaran Inkuiri untuk Konsep belajar yang cerdas

Itulah hasil pemikiran yang sudah saya terapkan dalam sebuah artikel Guru Adalah...
Berbaktilah kepada guru kalian untuk jasanya yang benar-benar sabar mengajarkan pribadi, sikap dan karakter. Sehingga, kalian menjadi seperti saat ini. Bagaimanapun sikap guru kalian (dulu) sebenarnya, mereka sudah merubah (membentuk) karakter kalian, meskipun secara signifikan kita tidak menyadarinya langsung. (yakinlah itu)

Jika ada kesalahan penulisan, makna dan kalimat yang kurang baku di blog melajah, diharapkan untuk mengkritiknya (no-bully).
Share demi perkembangan blog, dan follow untuk berlangganan.

3 Responses to "GURU ADALAH"

  1. terus kalau guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa itu pengertian guru menurut siapa gan?

    ReplyDelete
  2. itu mah versinya Anies..... Versi lama Versus orde JamanEdan

    ReplyDelete
  3. Guru merupakan orang yang berjasa, tapi tak memiliki tanda. Hehe
    Semoga orang-orang memperhatikan keberadaan guru.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel