METODE BELAJAR PAIKEM

Metode Belajar Paikem - Sebagai pengajar yang Profesional, di dalam mengajar peserta didik perlu adanya sebuah cara atau strategi dalam menyampaikan informasi pelajaran. Perlu kita pahami juga "di dalam kelas kita melihat secara real, bahwa setiap siswa memiliki daya serap yang berbeda". Demi menjaga daya ingat anak tetap stabil, diperlukan cara untuk menyampaikan pelajaran.
Cara yang dimaksud melajah.com adalah dengan menerapkan metode belajar yang kreatif, inovatif dan efektif. Sehingga, peserta didik mampu memahami materi pelajaran lebih mudah, simple dan memiliki pengembangan diri yang cerdas.
Baiklah, 
Blog Melajah.com akan memperkenalkan sebuah metode pembelajaran terbaru di zaman now.

Melajah.com memberikan metode belajar yang inovatif, kreatif, aktif dan menyenangkan
METODE BELAJAR PAIKEM
Kalau belajar di sekolah, mungkin kita mengenal banyak metode belajar dan yang paling umum yaitu metode Ceramah. Jadi, guru atau pengajar hanya berbicara saja, dimana teori lebih diutamakan dalam menyampaikan informasi pelajaran.
Jika seorang pengajar menggunakan satu metode, artinya guru tersebut kurang kreatif (dampaknya otak siswa tidak akan berkembang)
Melihat pernyataan tersebut, blog yang satu ini akan berkretifitas untuk menyampaikan Metode Paikem atau Metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.
Lihat pemahamannya seperti di dalam gambar (peta konsep). Untuk langkah-langkah yang diterapkan dalam metode Paikem, bisa mengikuti cara blog melajah;
 
Membuat Soal dan Jawaban
Langkah ini merupakan cara yang sangat mudah untuk diterapkan, Katika siswa takut bertanya akan menjadi lebih berani, apabila siswa kurang bergaul, dengan sistem ini dijamin mampu bekerjasama dengan teman sekelas. Siswa akan aktif dalam belajar dan daya ingin tahu pastinya tinggi.

Langkahnya;
> Siswa mula-mula menyiapkan dua kertas yang akan di isi soal atau pertanyaan (satu kertas).
> Kertas kedua di isi jawaban
> Bagi jumlah siswa menjadi dua
> Siapkan dua tempat untuk jawaban dan soal
> Metode ini disiapkan untuk jumlah siswa yang genap. Ketika jumlah siswa ganjil, solusinya adalah Guru melengkapi siswanya.
> Siswa yang membuat soal mengambil undian Jawaban dan sebaliknya
> Disini tugas siswa, aktif mencari teman yang membawa pertanyaan dan jawaban yang cocok.
> Diharapkan siswa tidak takut bertanya dan menjelaskan soal atau jawaban yang dianggap cocok. Lakukan diskusi untuk memahami materi tersebut
> Guru berperan menyimpulkan, mengklarifikasi serta tindak lanjut dari soal-soal yang di buat siswa tadi.

Metode Paikem banyak sekali sub-kelasnya, jadi sistem yang digunakan bisa bervariasi. 
Inti Metode ini adalah menerapkan pembelajaran PAIKEM atau Pembelajaran siswa menjadi AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF dan EFESIEN.
Mau penerapan lagi?
Inilah cara yang saya dapatkan dalam sebuah seminar anggota forum. Anak-anak bisa menerapkannya di dalam kelas. Sistem Metode ini bernama; PRO-KONTRA wajib didampingi oleh Guru, agar situasinya lebih kondusif.

Langkahnya;
> Pertama siswa di bagi menjadi beberapa kelompok, jika di dalam kelas terdapat 20 siswa, sebaiknya di buat empat kelompok (bisa dipakai tugas kelompok).
> Setiap kelompok diberikan Konsep, Tema materi pelajaran yang sama.
> Setiap kelompok dibagi menjadi Kelompok Pro-1, Pro-2, Kontra-1, Kontra-2 dst
> Contoh topiknya, Rokok, tembakau, atau teori seorang ilmuan.
> Mula-mula kelompok yang aktif dan adem ayem akan terlihat, Disini setiap kelompok tidak ada yang kalah dan menang. Namun, keaktifan siswa dalam menjelaskan pokok materi serta kreatifitasnya bekerjasama akan terlihat
> Setiap kelompok bisa menyampaikan ide setuju atau tidak, tanya jawab, penguatan, dukungan, hak dan banyak lagi
> Siswa bebas mengeluarkan pendapat
> Disini guru menilai siswa, menyimpulkan dan tindakan untuk memahami dampak materinya. dipahami bahwa Guru berperan sebagai hakim (ketika terjadi klimaks, kesabaran siswa akan diuji).

Itulah hasil pemikiran yang bisa diterapkan di sekolah atau di dalam organisasi di masyarakat, Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Melajah.com baru belajar dalam membuat postingan pendidikan, ketika ada kesalahan tulisan atau penerapan konsepnya, tolong kritikannya yang membangun.
Baca juga; metode belajar Inquiry

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel