PEMILU SEBAGAI KEDAULATAN RAKYAT

PEMILU | Tahapan 17 April 2019
Pertama kita pahami terlebih dahulu pengertian Pemilu bagi pemula yang belum pernah mengikuti Pemilu.

Pemilu kepanjangan dari Pemilihan umum yang merupakan sarana demokrasi demi mewujudkan sistem pemerintahan negara yang berkedaulatan rakyat.

Untuk memudahkan pemahaman anda tentang Pemilu, berikut ini ada Konsep belajar yang memudahkan anda dalam memahami pemilu itu seperti apa.
penjelasan pemilu dalam blog melajah.com
Sudah paham?
Sekarang kita akan mulai dengan teorinya atau bisa dibilang sebagai sejarah pemilu;
  • Pemilu pertama kali diselenggarakan tanggal 29 September 1955 dengan 27 partai politik.
  • Ketika zaman Orde baru, pemilu diselenggarakan sebanyak enam kali. Tahun 1977 sampai pemerintahan Presiden Soeharto dengan tiga partai politik (Golkar, PDI dan PPP).
  • Selanjutnya zaman Reformasi; Pemilu diadakan sebanyak empat kali, diantaranya;

1. Tahun 1999, Pemilu diselenggarakan tanggal 7 Juni 1999 dengan 48 partai politik.
2. Tahun 2004, Sebanyak 24 partai politik mengikuti Pemilu
3. Tahun 2009, diikuti 34 partai politik dan khusus Daerah Istimewa diikuti 10 partai politik (lokal).
4. Pemilu tahun 2014, sebanyak 12 partai politik nasional mengikuti dan 3 partai daerah (Khusus Daerah Istimewa)
  • Fakta lainnya, Pada tahun 2004, 2009 dan 2014 diadakan sebanyak dua kali, perinciannya sebagai berikut;

1. Pada saat itu, Pemilu diadakan untuk memilih anggota DPR, DPD dan DPRD
2. Pemilu Kedua untuk memilih Presiden dan wakil presiden
  • Dalam menjalani pemilu, setiap masyarakat harus memiliki prinsip (Asas Pemilu) seperti Langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil
  • Lembaga yang berperan dalam penyelenggaraan pemilu adalah komisi Pemilihan Umum (KPU)

Tugas Pokok KPU adalah merencanakan, mempersiapkan dan memimpin jalannya pelaksanaan pemilu dengan seluruh tahap yang harus ditempuh mulai dari pendaftaran hingga peresmian keanggotaan legislatif. Selanjutnya KPU Melakukan penelitian serta seleksi penetapan partai politik yang berhak mengikuti pemilu.

Untuk pendaftaran masyarakat yang baru, dilakukan oleh petugas pendaftaran (KPU) dengan cara mendatangi rumah calon peserta atau bisa juga dengan mendatangi petugas untuk di data sebagai pemilih. Untuk pendaftar yang valid, biasanya akan diberikan tanda bukti pendaftaran sebagai pemilih yang sah.
Peserta pemilu di Indonesia ada dua:  > Dari anggota politik untuk memilih anggota DPR dan DPRD    > Dari perseorangan/ independen untuk memilih anggota DPD.
untuk mengawasi jalannya pemilu, KPU membentuk panitia pengawas pemilu atau sering kita dengan Panwaslu (khusus mengawasi tingkat Provinsi sampai desa). Untuk tingkat pusat akan diawasi Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu.

Ketika pemilu sudah mendekati jadwal, biasanya akan diadakan Kampanye.
Kampanye adalah saran bagi peserta pemilu untuk tujuan sosialisi Program kepada masyarakat guna menarik dukungan dalam pemilu.

  • Kampanye ini dapat dilakukan dengan dialog, pertemuan terbatas, tatap muka, penyiaran media audio visual atau rapat umum.

CARA PEMILIHAN SUARA
  • Di dalam pemberian hak pilih, setiap pemilih anggota DPRD, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota dengan mencoblos salah satu partai (dalam bentuk gambar) dalam surat suara.
  • Dalam perhitungan surat suara, biasanya dilakukan di TPS (tempat pemungutan suara) oleh KPPS yang dihadiri oleh saksi, pengawas, pemantau dan warga masyarakat. 

Pemilu Presiden dan Wakil Presiden merupakan saran pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam NKRI yang berdasarkan PANCASILA dan UUD 1945 (dalam proses pemilihannya, sama seperti memilih anggota DPR, DPD dan DPRD)

Untuk Pemilu tahun 2019 akan diadakan Hari rabu tanggal 17 April, dengan pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).
Untuk kampanye pemilu tahun ini, akan diselenggarakan hanya enam bulan saja (berbeda dengan kampanye tahun lalu selama satu tahun).
Masa kampanye Pemilu tahun 2019 akan direncanakan tanggal 13 oktober sampai dengan 13 april.

Pemilu tahun 2019 akan diikuti sebanyak 14 partai politik
melajah.com merangkum informasi PKn untuk jumlah peserta pemilu
Jadi, Anak-anak yang umurnya memenuhi syarat, persiapkan mental untuk memilih pemimpin yang benar-benar jujur, bersih, transparan dan tegas.
Majulah Bangsa Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel