Penemu mesin ATM (Automatic Teller Machine)

Tempat transaksi setiap hari

Mesin ATM akan menjadi kebutuhan di era modern, karena segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan hidup, dimulai dari menyimpan uang, setor tunai, beli pulsa, dan jasa transaksi lainnya akan tersedia di dalam ATM.

Mesin ATM pertama kali ditemukan oleh Luther George Simjian, pada tahun 1939 ketika sang penemu berumur 34 tahun.

Waktu itu, kondisi mesin belum secanggih sekarang, selanjutnya Don Wetzel memperbaharui penemuan terdahulunya dan akhirnya tercipta mesin ATM yang populer dan modern seperti zaman sekarang.

Selain penemu mesin ATM, Luther juga menemukan mesin meteran surat otomatis, alat fokus pada kamera dan penunjuk lampu pada pesawat terbang.

Bagaimana biography dari Luther?
Berikut ulasan singkatnya;
Penemu mesin ATM
Orang tuanya dari Armenia, Luther tumbuh di jamain kekaisaran Ottoman. Ketika dirinya dipisahkan dari keluarganya, Sang penemu berpindah-pindah ke Beirut, selanjutnya ke Marseille, Prancis dan tahun 1920 Luther menuju ke AS, disanalah dia menemukan saudaranya (di New Heaven, Connecticut). Saat itu, dia berumur 15 tahun dan bekerja sebagai fotografer.

Pada masa itu, dia mempelajari bidang kedokteran. ketika itu, dia terlibat sebagai fotografer laboratorium oleh Yale School of Medicine. Kemudian, di tahun 1928, dia menjadi direktur departemen fotografi mereka, dan menciptakan beberapa mesin seperti proyektor untuk gambar mikroskop.

Pada 1934 menciptakan kamera potret self-pose, dimana orang yang difoto bisa melihat dan mengoptimalkan gambar mereka sendiri di cermin sebelum foto itu benar-benar diambil. Bertahun-tahun kemudian, setelah menjual penemuannya, perusahaan itu berganti nama menjadi Reflectone, nama yang diambil dari penemuan Simjian lainnya, sejenis kursi kosmetik dengan cermin bergerak, di mana orang dapat melihat tubuh mereka sendiri dari semua perspektif.

Pada 1939, Simjian memiliki ide untuk membangun Mesin Anjungan Otomatis Bankmatic, akhirnya, Luther membujuk City Bank of New York, hari ini Citibank, untuk menjalankan percobaan 6 bulan. Namun persidangan itu tidak dilanjutkan - secara mengejutkan bukan karena inefisiensi teknis, tetapi karena kurangnya permintaan. 

Setelah diusut, orang yang menggunakan mesin itu adalah sejumlah kecil pelacur dan penjudi yang tidak mau berurusan dengan teller secara langsung. karena itu, Simjian ketinggalan tidak hanya pada keberhasilan komersial, tetapi juga ketenaran yang terkait dengan menciptakan ATM.

Simjian memperoleh kesuksesan komersial selama Perang Dunia II dengan penemuan lain, Optical Range Estimation Trainer-nya, semacam simulator penerbangan sederhana, terbuat dari cermin, sumber cahaya dan miniatur pesawat terbang, digunakan untuk melatih pilot militer AS dalam memperkirakan kecepatan dan jarak pesawat.

Simjian mendirikan beberapa perusahaan lain pada tahun-tahun berikutnya dan menciptakan sejumlah perangkat dan teknologi yang sangat berbeda, e. g. teleprompter, perangkat ultrasound medis, meteran yang dikendalikan dari jarak jauh, simulator golf, dan pelunak daging. Dia tidak pernah berhenti mencari di laboratoriumnya di Fort Lauderdale. Pada usia 92, ia mendapatkan paten terakhirnya pada proses untuk meningkatkan suara kayu untuk alat musik, tujuh bulan sebelum kematiannya pada tahun 1997.
Sumber; Wikipedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel