Tes Wawasan Kebangsaan (NKRI)

Tes CPNS sudah dimulai dengan nilai dan memiliki kesulitan tersendiri dari setiap soalnya. Bagi peserta yang sudah siap menghadapai tes TKD yang terdiri dari Wawasan Kebangsaan, Intelegensia Umum dan Karakteristik Pribadi tentunya akan mudah dalam mengerjakan setiap poin soal.

Nah untuk peserta yang belum siap, ada baiknya belajar sedikit demi sedikit di media online dengan membuka langsung situs Melajah.com.

Berikut Latihan yang akan ditampilkan dalam prediksi peluang soal yang keluar di tes CPNS 2018. Saran terbaiknya; kembangkan pembahasannya dan carilah beberapa sumber pendukung untuk melihat kunci jawaban dari tampilan di bawah ini
informasi Belajar
1. Pada hakekatnya manusia adalah sebagai zoon Politicon yaitu manusia sosial yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Hal ini dikemukakan oleh seorang filsuf yaitu .......
   a. Karl Marx
   b. Kranenburg
   c. Aristoteles
   d. Plato
   e. Socrates
Jika soal seperti di atas, jawaban nya adalah C.
Aristoteles adalah seorang filsuf bangsa Yunani yang menyatakan manusia mahkluk sosial (zoon Politicon). Jika Karl Marx adalah pendiri Idiologi komunis dengan teorinya; Sejarah berproses melalui serangkaian situasi dimana sebuah ide yang diterima akan eksis, tesis. Namun segera akan berkontradiksi dengan oposisinya, antitesis. Yang kemudian akan melahirkan antitesis, kejadian ini akan terus berulang sehingga konflik-konflik tersbeut akan meniadakan segala yang berproses menjadi lebih baik.
Socrates adalah guru dari Plato dan Aristoteles, Socrates memiliki pemikiran dalam metode tanya jawab, meskipun teorinya tidak ditulis dalam sebuah kalimat namun pemikirannya mengenai kehidupan sangat terbukti di zaman ini. Seperti Kematian tidak berhenti sampai disini namun akan dilanjutkan di dimensi selanjutnya.


2. Wujud hubungan baik Indonesia dengan negara tetangga, yaitu dengan mendirikan ASEAN. Organisasi ini merupakan perwujudan kerjasama diantara negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang dibentuk tanggal ......
   a. 8 Agustus 1967
   b. 10 September 1967
   c. 5 Agustus 1956
   d. 22 Oktober 1957
   e. 7 Januari 1984
Pembahasannya;
Organisasi Asia Tenggara dipelopori ole lima negara yaitu Indonesia (Adam Malik), Filiphines (Narcisso Ramos), Malaysia (Tun Abdul Razak), Singapore (S. Rajaratnam), Thailand (Thanat Khoman ). Kelima negara ini membentuk ASEAN tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand dan Sampai saat ini berjumlah sepuluh negara dengan penambahan negara yaitu, Brunei, Vietnam, Laos,Myanmar, Kamboja.


3. Salah satu bentuk kerjasama negara ASEAN adalah membentuk proyek  industri bersama. Proyek industri yang ada di Indonesia adalah ......
   a. Pabrik mesin diesel
   b. Pabrik Abu Soda
   c. Pabrik Urea
   d. Pabrik Urea dan Amoniak
   e. Pabrik Super Fosfat
Pabrik hasil proyek industri yang ada di Indonesia adalah Pabrik Urea dan Amoniak, yang letaknya di ACEH.


4. Perundingan anatara Belanda dan Jepang, yang mengawali penjajahan Japan di Indonesia adalah Perundingan ......
   a. Linggarjati
   b. Renville
   c. Roem Royen
   d. Bongaya
   e. Kalijati
Perundingan yang berlangsung tanggal 8 maret 1942 yaitu KALIJATI, dimana Belanda menyerah atas Jepang dan dimulailah penjajahan Jepang di Indonesia. Dalam tanam paksa yang dikenal dengan istilah Romusha.
Perjanjian Liggarjati; merupakan perundingan antara Indonesia dengan Belanda dalam hal persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. 
Perjanjian Roem Royen bermula dari serangan Belanda kepada Indonesia setelah  proklamasi Kemerdekaan, akhirnya didapatkan hasil untuk memberikan hak kekuasaan kepada Indonesia.
Perjanjian Bongaya merupakan perjanjian perdamaian kerajaan Gowa (Sultan Hasanuddin) dengan VOC (Laksamana Cornelis Speelman).
Sementara itu, Perjanjian Renville adalah pernjian Belanda dengan Indonesia di atas geladak kapal yang berlabuh di tanjung priok. isinya membahas tentang perselisihan perjanjian Linggarjati.



Jumlah soal ini akan terus ditambah dalam luang waktu yang ada bagi penulis,
Jadi lihat kembali disetiap postingan untuk membaca dan berlatih sesering mungkin.

Hasil instan tidak akan memberikan karakter yang sesungguhnya, namun perisai diri dengan latihan dan melatih diri dari sejak dini tentunya akan membentuk karakteristik original itu sendiri.
Majulah Pendidikan Kita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel