TRIK MENGAJAR SISWA AGAR BISA MEMBACA

Sebuah tips yang akan dituangkan dalam tulisan ini menjadi kebanggaan  tersendiri bagi melajah.com, pasalnya cerita dan cara ini merupakan pengalaman yang dialami oleh penulis.

Artikel ini saya beri judul,
TIPS MENGAJAR SISWA AGAR BISA MEMBACA
Sebagai seorang pengajar (guru), tentunya sudah memiliki sertifikat mendidik dan teknik untuk menguasai materi atau menguasai kelas. Namun di dalam mentrasfer ilmu ke siswa, kemungkinan setiap guru mempunyai variasi dan cara yang berbeda dalam penerapannya.

Berikut ini salah satu cara yang bisa anda terapkan untuk mengajarkan siswa agar bisa membaca dengan cepat;
cara mudah belajar membaca, oleh: melajah.com
  • Persiapkan materi baca, seperti huruf vokal a, i, u, e, o dan huruf konsonan a, b, c, d, e, f, g, h, i, j, k, l, m, n, o, p sampai z.

  • Carilah gambar-gambar pendukung seperti Gambar pohon, hewan, nama benda di tas siswa, sekolah atau di kelas, semua gambar bisa di search di google atau foto lewat handphone anda.

  • Setelah mampu menghafal huruf vokal dan konsonan, tahap selanjutnya adalah dengan mencoba membaca dua huruf, contohnya; pa, pi, pu, pe, po selanjutnya ba, bi, bu, be, bo dan ubah setiap waktu polanya seperti ko, ke, ku, ki, ka. Lakukan percobaan ini setiap hari sampai bisa. Kemungkinan di tahap ini akan sedikit lama, bisa berminggu-minggu tergantung pola pemahaman siswa. 
Pemahaman dan daya serap siswa akan bervariasi. Jika sudah mampu menghafal dua huruf, dilanjutkan empat huruf, Untuk hafalan tiga huruf akan lebih susah daripada empat huruf, hal ini terjadi karena terjadi pemotongan huruf vokal didalamnya. Kunci utamanya yaitu; para pengajar harus memiliki kesabaran, niscaya akan berbuah positif.
  • Usahakan melatih siswa secara terjadwal, misalnya hari belajar siswa adalah Senin, Selasa, Kamis, Jumat. Persiapkan hari libur (misalnya rabu) untuk menghilangkan rasa jenuh (bosan) karena pola pikir siswa akan diuji dalam jeda sehari.

  • Perhatikan mood siswa, ketika seorang siswa lagi semangatnya belajar, disini kita bisa memanfaatkan kesempatan (mengarahkan siswa) untuk menghafal huruf vokal dan konsonan secara berulang. Namun ketika kehilangan mood, peran guru harus lebih kreatif, sebagai contoh ajak bercerita, tanyakan hobi lalu kembangkan cerita dari hobi tersebut. Dijamin siswa tersebut akan mendengarkan dan mau belajar.

  • Pada saat memulai pelajaran, ajarkan berdoa dan ikuti kemauan siswa agar chemistry bisa terjalin (guru <> siswa).

  • Ajak siswa tersebut bermain, seperti dibuatkan origami dari kertas (robot kertas, pesawat, topeng kertas, kapal laut dan lainnya).

  • Ubah metode belajarnya setiap pekan untuk variasi dan menguji kreatifitas siswa.

  • Harus sabar dan pelan-pelan metransfer huruf, karena satu kata dalam sehari akan sangat bermanfaat bagi siswa.

  • Jika siswa tersebut berkemampuan khusus, Cara mengajarnya juga berbeda. Jangan disamakan karena akan sia-sia. Triks untuk menghadapi siswa SBK (siswa berkemampuan khusus) biasanya lebih banyak menggunakan gambar dan dibarengi dengan kata.

  • Untuk siswa yang hyper_aktif, cara terbaiknya yaitu dengan pendekatan yang lebih, Caranya dengan menerapkan guru sebagai teman. Jika sudah akrab dan siswa tersebut terbiasa berkomunikasi dan terjadi kecocokan disinilah disisipkan ilmu dasar tadi. Selama proses lama-kelamaan peserta didik akan mampu membaca dan mereka secara tidak sadar sudah bisa baca-tulis.


Teknik atau Tips di atas sesuai dengan pengalaman penulis, semoga bisa diimplementasikan secara langsung.

Ketika siswa yang kita ajarkan, dari awalnya belum bisa membaca dan akhirnya bisa baca tulis..... jreeeeng Disinilah (perasaan) bangga akan membangkitkan semangat untuk mengajar (siswa) lebih banyak lagi.

Selalu semangat dan patang mundur.
Majulah pendidikan Indonesia, by: Melajah.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel