METODE BELAJAR FIND REWARD

Metode Belajar yang akan kita ulas hari ini, merupakan pengalaman tersendiri dan menjadi penemuan untuk memotivasi siswa dalam belajar. 

yang menjadi dasar penemuan Metode Belajar Find Reward adalah ketika bertemu dengan siswa yang curhat mengenai sistem penyampaian materinya langsung ke topiknya. Padahal siswa kelas kecil masih dunianya bermain, jadi penerapan Game and Learning harus dicampur sedemikian halus.

Jika ingin disenangi oleh siswa, caranya janganlah mengajar siswa langsung ke materi belajar, istilahnya kita perlu basa-basi seperti pemberian apersepsi, post test atau game awal sebelum masuk ke topik materi.
Saya adalah Guru Les yang dalam kesehariannya bertemu dengan beberapa siswa saja. Jadi, dalam proses belajarnya hanya terfokus pada satu siswa. Di suatu pertemuan pembelajaran, Saya menemukan banyak siswa yang belajarnya kurang semangat dan terkadang ada siswa yang sengaja menghindar dari gurunya.

Dari kisah tersebut, didapatkan sebuah pemikiran untuk mengubah cara belajar anak agar termotivasi terlebih dahulu sebelum menangkap materi yang kita berikan.
Caranya dengan menerapkan metode Find Reward.

Langkah Awal menerapkan metode Find Reward yaitu dengan Request Hadiah yang diinginkan siswa, contoh persyaratan Hadiah yang ditulis seperti Buku, pensil, pulpen, penghapus (alat tulis lainnya), snack, permen, buah, atau pernak-pernik stiker.
Hadiah ini jangan terlalu mahal, nantinya berdampak atau mengganggu proses belajar.


Tahapan Metode Find Reward:

  1. Persiapkan hadiah, reward bisa berupa alat pendukung baca tulis
  2. Carilah kertas HVS atau kertas Buram, lalu dipotong kecil dengan perkiraan panjang 10 cm dan lebar 2 cm.
  3. Buatlah potongan kertas sebanyak 20 - 50 pieces (menyesuaikan dengan jumlah soal atau materi yang ingin disampiakan ke siswa)
  4. isilah tulisan pada potongan kertas tersebut, sesuai dengan mata pelajaran yang akan dibahas atau indikator yang ingin dicapai (Contoh bisa di lihat pada gambar bawah)
  5. Taruhlah potongan kertas pada selepitan buku paket atau buku tulis untuk dipilih oleh siswa tersebut
  6. Tuliskan beberapa hadiah, agar siswa semakin tertantang mendapatkan hadiahnya, sementara itu potongan kertas lainnya berisi soal-soal yang wajib di jawab untuk memilih potongan kertas lainnya.
  7. Langkah ini dijalankan secara perlahan, ketika siswa mendapatkan soal disinilah peran guru memberikan penjelasan sampai siswa tersebut memahami materinya.
Jika kurang paham, silahkan hubungi menu kontak Melajah.com
teori belajar cerdas dari Melajah.com

Penerapan metode ini memang dikhususkan untuk kelas kecil dan variasinya bisa diterapkan dalam kelas besar, jika;
> Dalam satu kelas terdiri dari 4 - 40 siswa dan pembagian siswa menjadi dua bagian merupakan variasi yang cukup kreatif. Jadi, setengah siswa disini disuruh untuk membuat pertanyaan untuk dijawab oleh setengah siswa lainnya.
> Peran Guru sebagai penilai, motivasi dan pengarah dalam penguasaan kelas.
> Nantinya siswa disuruh untuk maju ke depan kelas dimana siswa tersebut harus menjelaskan jawaban yang didapatkan.
> Metode ini dilakukan secara bergantian, untuk siswa yang membuat pertanyaan bergiliran menjawab pertanyaan teman lainnya.
* Metode ini adalah pengembangan dari Find Reward untuk kelas besar. Siswa yang menjelaskan secara rinci dan berlogika akan mendapatkan reward,
* Penilaian metode Find Reward di kelas besar, dengan menyiapkan lima hadiah dan lima siswa yang memiliki Pertanyaan_jawaban terbaik.
* Dampak positifnya tentu siswa akan kembali ketagihan belajar di pertemuan selanjutnya. (Yakinlah dan Dijamin maknyuss).
Tips Metode terbaru dari Melajah.com


Penerapan Metode ini mirip dengan Metode Discovery yang dilakukan dengan cara mencari jawaban atas pertanyaan yang dibuat sendiri, namun pengembangan cara belajarnya berbeda. Siswa di dalam metode belajar Find Reward setingkat lebih senang dan semangat dalam belajarnya karena pengaruh hadiah yang didapatkan.

Kelebihan Metode Find Reward;
  • Motivasi belajar dijamin lebih tinggi
  • Mudah diterapkan dan tidak cepat bosan
  • Mengarahkan siswa ketagihan dalam belajar
  • Siswa semakin percaya diri atas temuannya
  • Interaksi dengan guru dan siswa lain akan semakin meningkat
Kekurangan dari metode ini;
  • Metode ini kurang bagus diterapkan untuk kelas besar,
  • Pikiran siswa akan lebih ke hadiah, jika pengarah Metode ini kurang kreatif mengarahkannya,
  • Metode ini bagus diterapkan untuk proses belajar private, les, Home_Schooling dan untuk sistem ruang kelas rasanya akan sedikit kewalahan dalam penguasaan kelas.
  • Material untuk membeli hadiah cukup besar.
Metode belajar Find Reward bisa anda terapkan untuk jangka dua atau tiga kali pertemuan, karena variasi Metode akan meningkatkan minat belajar siswa.
Coba Metode ini; METODE BELAJAR PAIKEM

Jika artikel ini bermanfaat dan ingin mencari solusi mengenai anak didiknya, Silahkan Kontak Admin Melajah.com

Solusi belajar cerdas, Ingat Web MELAJAH.COM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel