PKBM TERAKREDITASI A (HomeSchooling Primagama Bali)

PKBM atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dibidang pendidikan dengan tujuan meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap Mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri.

Pada awalnya PKBM ini lebih mengarah kepada Pemberdayaan Potensi untuk menggerakan pembangunan di bidang sosial, ekonomi dan budaya. Namun, dalam perkembangannya sudah mengacu ke arah lebih luas (pendidikan).

PKBM yang ada di Denpasar cukup banyak, akan tetapi yang sudah akreditasi A adalah HSPG PRIMAGAMA BALI. Program yang diberikan PKBM wajib menyesuaikan kondisi, potensi dan kebutuhan Masyarakat di daerah tersebut.

Saya berikan contoh Permasalahan peserta didik, kenapa harus memilih PKBM sebagai alternatif (terbaik) untuk memperoleh Pendidikan Kesetaraan.
  1. Siswa SD (Sekolah Dasar) biasanya di sekolah Formal mengalami kasus Bully, ada juga siswa Berkebutuhan Khusus (BK) dan tidak bisa mengikuti tekanan Guru Wali terlalu berlebih dan Siswa tidak senang dengan situasi geng (grup) di kelas. Pada dasarnya tidak semua siswa bisa menerima kondisi kelas (disamakan) seperti siswa lainnya.
  2. Siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama) biasanya juga mengalami kasus seperti tingkat Sekolah Dasar, namun  ada juga siswa yang ingin fokus belajarnya mandiri. Siswa ini memiliki karakter bebas, tidak mau diatur, pintar dan mampu mengexplore diri dalam bentuk tulisan.
  3. Siswa SMA (Sekolah Menengah Atas) biasanya kasusnya seperti terlalu cerdas, sehingga tidak mampu beradaftasi di kelas formal. Contoh lainnya yaitu; hamil (untuk siswi), siswa bekerja karena kurang mampu atau ingin lebih mandiri.
Bagi Siswa-Siswi yang berada di daerah Provinsi Bali, Saya sarankan untuk memilih PKBM berkualitas A atau sudah terakreditasi A, yaitu; HomeSchooling Primagama Bali.

Alamatnya di Jl. Badak Agung XIX, No. 7 Renon Denpasar-Bali.
Untuk konfirmasi selengkapnya bisa menghubungi saya, di KONTAK

Tumbuhkan Bakat dan Minat anak bersama HomeSchooling Primagama.
tempat Pendaftaran Sekolah di Bali, HomeSchooling Bali, HSPG PRIMAGAMA, Sekolah Akreditasi A di Bali, Primagama Sekolah terbaik di Bali
Meskipun Pemerintah sudah menggalakan Program wajib belajar 9 tahun, namun program ini masih belum maksimal. Selain siswa yang kurang mampu, kita juga bisa melihat kualitas siswa yang melebihi IQ (Intelligence Quotient) dan tidak mampu beradaftasi di kelas.

Solusinya bisa kita ambil yaitu Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B atau Paket C. Di Masyarakat PKBM ini lebih dikenal dengan kejar Paket atau Sekolah Kesetaraan. 

Adapun Undang-Undang yang mengatur yaitu No. 20/2003 Tentang Pendidikan nasional, pasal 26 ayat (6); Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar pendidikan nasional.

Pertanyaan yang sering muncul di masyarakat, khususnya orang tua atau wali;
  • Bagaimana dengan legalitas Ijazah di Dinas Pendidikan?
Tentu pertanyaan ini sudah jelas dijawab dalam peraturan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 dan Legalitasnya memiliki fungsi yang sama dengan sekolah formal. Jadi untuk melajutkan ketingkat lebih tinggi atau Kuliah sangat bagus jika pilihan kita jatuh kepada PKBM.

  • Di mana tempat PKBM terbaik?
Saya menyarankan untuk siswa yang ada di daerah Denpasar Bali atau wilayah Bali, berkonsultasi langsung dengan PKBM HOMESCHOOLING PRIMAGAMA BALI, yang lokasinya sangat strategis di pusat kota Denpasar.

HomeSchooling Primagama Bali memiliki kualitas yang berani bersaing dengan sekolah formal, karena siswanya memiliki Prestasi akademik dan nonakademik di tingkat Internasional.

  •  Bagaimana Proses belajarnya?
Proses belajar PKBM termausk fleksibel, siswa bisa memilih jadwal yang diinginkan atau berkoodinasi langsung dengan Staff PKBM. Jadwal belajar bisa dirumah atau di tempat alamat PKBM tersebut.

  • Apakah materi yang diajarkan akan tuntas dalam satu semester?
Tentu bisa tuntas, karena sistem yang diajarkan memiliki metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan Kurikulum 2013 (K13). Lihat metode yang saya gunakan diberbagai kesempatan belajar Home_Schooling.

  • Berapa biaya yang dikeluarkan?
Untuk biaya Sekolah Home_Schooling termasuk beragam (setiap PKBM memiliki estimasi biaya yang sesuai dengan SDM masyarakatnya), jika memilih HomeSchooling Primagama Bali, estimasi biaya yang dikeluarkan tergantung dari tingkat SD, SMP atau SMA. Karena sifatnya privasi, lebih jelasnya langsung Konfirmasi Kontak

  • Apakah ada UN (Ujian Nasional)?
Karena setara dengan pendidikan Formal, Proses Ujian Nasional tetap dilakukan dan untuk prosedurnya bisa bekerjasama dengan sekolah formal.


Pernahkah kita dengar istilah SKB (Sanggar Kegiatan Belajar)?
SKB dan PKBM bisa disamakan statusnya, karena pada dasarnya memiliki fungsi sebagai satuan Pendidikan nonformal dan sebagai Unit Perlaksana teknis atau daerah kota, selanjutnya di daerah/ kota disebut dengan UPTD (Unsur Pelaksana tugas Teknis pada Dinas pendidikan tingkat Kabupaten/ Kota).


Semoga informasi hari ini bermanfaat untuk semeton Melajah.com
Salam cerdas dan teruslah Belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel